Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makassar Jadikan 21 Hyundai Stargazer untuk Ambulans

Pemerintah Kota Makassar mengadakan 21 unit ambulans dalam rangka melengkapi fasilitas kesehatan.
Ambulans Hyundai Stargazer di Makassar./Hyundai
Ambulans Hyundai Stargazer di Makassar./Hyundai

Bisnis.com, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) terus memperkuat pelayanan kesehatan guna mempertahankan predikat Kota Sehat Asia Tenggara yang disematkan WHO pada tahun ini. Salah satunya menambah pengadaan mobil ambulans di tiap puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin mengatakan pihaknya bersama Hyundai sepakat mengadakan 21 unit ambulans dalam rangka melengkapi fasilitas kesehatan ini. Semua mobil tersebut akan disebar ke 21 puskesmas yang masih membutuhkan moda transportasi kesehatan.

Ambulans dari Hyundai nantinya akan terintegrasi dengan pelayanan home care, puskesmas, dan rumah sakit. Maka dari itu diharapkan seluruh fasilitas layanan kesehatan di Makassar nantinya bisa terjaga dan teremajakan dengan baik serta dilengkapi teknologi-teknologi terbarukan.

Sementara itu anggaran pengadaan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang diusulkan pada 2023 lalu. Rencananya ambulans ini akan dioperasikan pada Oktober 2024.

"Jadi ini yang kami usulkan 2023 untuk pengadaan di 2024, sesuai dengan kondisi ambulans yang mereka (Hyundai) punya. Mobilnya sudah ada, alat-alatnya juga sudah ada, tinggal mau kita pasang," ungkapnya kepada wartawan, Rabu (25/9/2024).

East Area Operation Senior Manager PT Gowa Modern Motor (Hyundai Gowa) Chitra Ortho Prayundityo mengatakan untuk mendukung upaya pemerintah kota, pihaknya meluncurkan ambulans Hyundai Stargazer sebagai armada mobilitas kesehatan Makassar.

“Performa dan fitur keamanan serta keselamatan Stargazer Prime yang unggul, diharapkan dapat lebih membantu mobilitas para tenaga medis dalam melayani masyarakat secara optimal,” ungkapnya.

Ambulans ini sendiri telah dilengkapi teknologi terbarukan berdasarkan Pedoman Teknis Ambulance 2019 dengan beberapa alat-alat medis. Seperti automated external defibrillator, mesin suction elektrik, rigid cervical collar, nasopharyngeal airway (NPA) satu set (untuk bayi, anak dan dewasa) serta beberapa alat medis lainnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper