Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Financial Expo di Sulsel Bukukan Transaksi Rp2,12 Miliar

OJK terus berusaha memperluas akses keuangan masyarakat di Sulselbar dengan menyelenggarakan FinExpo BIK 2024.
Penyelenggaraan FinExpo BIK 2024.oleh OJK di Kota Makassar, Sulawesi Selatan./OJK
Penyelenggaraan FinExpo BIK 2024.oleh OJK di Kota Makassar, Sulawesi Selatan./OJK

Bisnis.com, MAKASSAR - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berusaha memperluas akses keuangan masyarakat di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar), salah satunya dengan menyelenggarakan Financial Expo (FinExpo) Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024.

Festival inklusi keuangan yang memamerkan berbagai produk dan layanan industri jasa keuangan serta produk UMKM ini, menjadi penghubung antar masyarakat dengan lembaga keuangan secara langsung.

Kepala Kantor OJK Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Darwisman mengatakan FinExpo BIK 2024 yang telah berlangsung pada 25 - 26 Oktober 2024 menghadirkan 65 tenant pameran dengan total pengunjung kegiatan mencapai 12.035 orang. 

Total transaksi sebanyak Rp2,12 miliar, dengan rincian jumlah transaksi akuisisi produk jasa keuangan sebanyak Rp1,99 miliar dan transaksi UMKM sebanyak Rp135 juta.

Akses keuangan inklusif, ditambahkannya, merupakan kunci untuk dapat mewujudkan masyarakat yang lebih produktif dan sejahtera. Dengan memperluas akses ke layanan keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat, pihaknya bisa membuka peluang bagi setiap individu untuk mengelola keuangannya lebih baik, mendirikan usaha, dan meningkatkan taraf hidup. 

Dia menuturkan hal tersebut sangat relevan dalam konteks perkembangan ekonomi digital di Indonesia, berbagai inovasi keuangan dapat membantu masyarakat yang belum terjangkau oleh layanan keuangan konvensional.

“Dengan memiliki akses terhadap sektor jasa keuangan, masyarakat memiliki kesempatan untuk dapat menggunakan produk dan atau layanan jasa keuangan secara lebih optimal dalam mendukung kegiatan usaha, investasi maupun proteksi aset/jiwa. Namun, dalam pemanfaatan akses keuangan juga perlu dibarengi dengan literasi keuangan,” kata Darwisman melalui keterangan resmi, Senin (28/10/2024).

FinExpo bukan hanya menjadi ajang edukasi, tetapi juga menjadi ruang untuk menghubungkan masyarakat dengan lembaga keuangan secara langsung dan memberikan pemahaman lebih dalam tentang manfaat dari produk-produk keuangan yang dapat meningkatkan kesejahteraan.

Melalui berbagai aktivitas yang melibatkan pelaku usaha lokal, UMKM, dan komunitas masyarakat, festival inklusi keuangan ini juga mendorong perputaran ekonomi yang signifikan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper