Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Debat Perdana Pilgub Sulsel Digelar Malam ini, Bahas Kesejahteraan dan Pelayanan Publik

KPU Sulsel menyelenggarakan debat publik perdana untuk calon gubernur wakil gubernur Sulsel pada Senin (28/10/2024).
Pasangan calon ubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (kiri) dan Mohammad Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad./Ist
Pasangan calon ubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (kiri) dan Mohammad Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad./Ist

Bisnis.com, MAKASSAR — Dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), yaitu Mohammad Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad dengan nomor urut 1 dan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi dengan nomor urut 2 akan beradu gagasan malam ini, Senin (28/10/2024) mulai pukul 20.00 Wita dalam debat terbuka yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel.

Komisioner KPU Sulsel Hasruddin mengatakan debat pertama ini akan membahas soal upaya pasangan calon gubernur dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga membangun pelayanan publik yang aksesibel dan responsif. Sudah ada tujuh orang panelis yang cukup berpengalaman disiapkan dalam menguji gagasan mereka.

Ke tujuh panelis, yaitu Andi Yudha Yunus yang merupakan pemerhati kebijakan publik dan aktivis LSM, Adi Suryadi Culla merupakan dosen Pascasrjana Ilmu Politik dan Ilmu Hubungan Internasional Konsentrasi Kajian Demokrasi dan Civil Society Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Mohammad Arif (Sekretaris Pusat Kajian Advokasi dan Bantuan Hukum Universitas Muslim Indonesia), Muh Iqbal Latief (Kepala Pusat Penelitian Opini Publik LPPM Universitas Hasanuddin), Husaimah Husain (Aktivis Perempuan dan Anak), Prof Firdaus Muhammad (Guru Besar Ilmu Komunikasi dan Politik Islam UIN Alauddin Makassar) dan Prof Muhlis Madani (Guru Besar Universitas Muhammadyah Makassar).

"Debat perdana ini merupakan bagian dari tahapan Pilgub Sulsel, dan akan memberikan kesempatan kepada kandidat dalam memaparkan program mereka terkait peningkatan kesejahteraan dan aksesibilitas pelayanan publik," ujar Hasruddin kepada wartawan, dikutip Senin (28/10/2024).

Debat ini akan berlangsung enam sesi. Sesi pertama akan dibuka dengan penyampaian visi misi tiap paslon terkait tema debat. Sesi kedua dan ketiga merupakan pendalaman dari visi misi. Sesi keempat dan kelima, kedua paslon akan saling lempar tanya ke lawan debat. Sesi erakhir adalah closing statement.

Dia menambahkan, debat kali ini digelar di Hotel Four Points Makassar. Pihaknya akan membatasi jumlah rombongan masing-masing pasangan calon hanya 100 orang saja yang boleh masuk ke lokasi debat. Tujuannya untuk menciptakan suasana yang inklusif. 

Maka dari itu KPU telah menggandeng sejumlah lembaga penyiaran untuk menampilkan debat terbuka kepada masyarakat melalui beberapa siaran televisi dan radio. Antara lain bisa melalui Kompas TV, iNews Tv, Fajar TV serta melalui radio Smart FM, radio Gamasi, Celebes Radio dan RAZ FM.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper