Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Budi Daya Vaname di Mamuju Mencapai Luasan 1.800 Hektare

Udang vaname tersebut dibudidayakan oleh sebanyak 30 kelompok petani dengan jumlah anggota sebanyak 826 KK melalui badan usaha milik desa (Bumdes).
Ilustrasi udang vaname./Ist
Ilustrasi udang vaname./Ist

Bisnis.com, MAMUJU - Masyarakat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membudidayakan udang vaname pada areal seluas 1.800 hektare di Desa Bonda Kecamatan Papalang.

"Masyarakat memanfaatkan lahan seluas 1.800 hektare untuk budi daya udang vaname di Desa Bonda untuk meningkatkan kesejahteraannya," kata Penjabat Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, di Mamuju, Senin (24/9/2024).

Ia mengatakan udang vaname tersebut dibudidayakan oleh sebanyak 30 kelompok petani dengan jumlah anggota sebanyak 826 KK melalui badan usaha milik desa (Bumdes).

Menurut dia, pengembangan tambak udang vaname di Desa Bonda adalah contoh yang baik untuk ditiru oleh desa lainnya di Kabupaten Mamuju, karena akan meningkatkan kesejahteraan.

Ia menilai Pemerintah Desa Bonda telah memiliki kemampuan dalam menciptakan pendapatan bagi masyarakat dan menumbuhkan lapangan usaha bagi masyarakat.

"Saya mengapresiasi kepala Desa Bonda dan seluruh perangkat dan masyarakatnya, untuk membina menciptakan kehidupan di desa agar masyarakatnya sejahtera," katanya.

Ia berhara, Pemerintah Desa Bonda dapat menggunakan dana kredit usaha rakyat (KUR) untuk membangun segala potensi lainnya selain udang vaname agar semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti usaha sektor peternakan perkebunan dan pertanian.

Sementara Kepala Desa Bonda Abdul Wahab mengatakan kehadiran pemerintah diharapkan bisa terus memberikan dukungan bantuan dan stimulan agar tambak udang vaname di Desa Bonda dapat dimaksimalkan sehingga dapat meningkat perekonomian masyarakat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper