Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Barang dan Peti Kemas di Pelabuhan Regional 4 Tumbuh Dua Digit

Pelindo Regional 4 mencatat ada pertumbuhan kinerja arus barang dan arus peti kemas pada awal semester II/2024.
Foto udara Terminal Peti Kemas Ambon di Ambon, Maluku./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Foto udara Terminal Peti Kemas Ambon di Ambon, Maluku./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR — PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 mencatat adanya pertumbuhan kinerja pada arus barang dan arus peti kemas di pelabuhan kelolaannya pada awal semester II/2024 atau pada rentang Juli - Agustus 2024. Masing-masing mengalami peningkatan yang cukup baik hingga tumbuh mencapai dua digit.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis merinci, untuk arus peti kemas pada periode tersebut tercatat mencapai 1.624.560 TEUs, mengalami peningkatan kinerja secara konsolidasi sebesar 11% dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ini dipicu oleh meningkatnya pengiriman di Pelabuhan Samarinda dan Terminal Kaltim Kariangau Terminal (KKT) untuk supply kebutuhan proyek di lokasi Ibu Kota Negara Nusantara atau IKN. Selain itu meningkatnya kebutuhan barang konsumsi di wilayah Kalimantan Timur juga disebut memberi peran terhadap kinerja arus peti kemas.

Lebih jauh, meningkatnya kegiatan ekspor impor LNG menggunakan peti kemas isotank di Pelabuhan Tarakan dan meningkatnya pengiriman barang proyek melalui peti kemas di Terminal Kendari untuk kebutuhan pembangunan smelter PT IWIP juga memberi andil besar terhadap realisasi ini.

Sementara dari sisi kinerja arus barang, realisasinya pada Juli - Agustus 2024 sebesar 50.952.723 ton/m3, tumbuh tinggi hingga 74% jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 29.284.905 ton/m3.

Pertumbuhan disebabkan oleh meningkatnya kegiatan bongkar muat barang di wilayah terminal khusus yang ada di sekitar Pelabuhan Samarinda dan Pelabuhan Balikpapan, serta meningkatnya kegiatan bongkar muat barang di Pelabuhan Parepare, Pelabuhan Ambon, dan Pelabuhan Nunukan.

“Dengan kinerja yang terus meningkat, Pelindo Regional 4 berkomitmen untuk menjadi salah satu pelopor dalam sektor logistik dan pelabuhan di Indonesia. Kami akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam memperkuat posisi sebagai garda terdepan dalam mendukung konektivitas dan pertumbuhan ekonomi nasional,” terang Abdul Azis melalui keterangan resmi, Minggu (22/9/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper